Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Membeli Sepeda Motor Bekas


Hensindo Motor (Showroom Jual Beli Sepeda Motor Bekas di Kota Sidoarjo) - Well, jika anda seorang pemula yang mencoba membeli sepeda motor untuk pertama kalinya, atau pengendara berpengalaman yang ingin berinvestasi pada sesuatu yang sama sekali berbeda, belilah sepeda motor bekas, polos dan sederhana. Nah, dalam artikel kali ini situs hensindomotor.web.id akan memberitahukan kepada anda, mengapa membeli sepeda motor bekas jauh lebih menguntungkan daripada membeli sepeda motor baru. Penasaran? Scroll terus artikelnya ya!

Yes! Baiklah, kita mulai dengan memikirkan tentang skenario yang sudah dikenal ini: Anda jatuh cinta dengan sepeda motor baru dan harganya hampir terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Semuanya berjalan lancar di dealer - penjual bahkan menawarkan untuk melakukan beberapa peningkatan secara gratis, dan Anda mendapatkan diskon untuk harga jual! Anda dengan senang hati menerima. Well, anda akan membeli sepeda motor baru dan menghemat uang!

Kemudian muncul kejutan. Biaya OTR? Biaya asuuransi? Biaya pengiriman? Apa ini? Dan begitu saja, biaya yang Anda pikirkan meningkat beberapa juta. Pertanyaannya adalah, mengapa ini terjadi ketika Anda membeli sepeda motor baru? Seberapa cepat sepeda motor mengalami penurunan harga?

Biaya dan Ongkos awal saat membeli sepeda Motor Baru
Pajak dan segala macam biaya dealer ditambahkan saat Anda membeli sepeda baru: pengiriman, lisensi, dokumentasi, pendaftaran, layanan - hanya untuk beberapa nama. Tidak ada jalan lain, itu hanya bisnis! Kadang-kadang ini berkisar dari total IDR 500.000 hingga IDR 10.000.000 tergantung pada spesifiknya, dan, kadang-kadang, dealer akan mengenakan sedikit atau tanpa biaya tetapi jauh lebih tegas dalam menghasilkan MSRP. Banyak hal tergantung pada keterampilan negosiasi Anda, hubungan Anda dengan dealer, dan pasar anda.

Contoh dari beberapa biaya dealer sepeda motor yang dapat Anda harapkan termasuk 

1) Biaya dokumen yang dapat berkisar dari IDR 500.000 hingga IDR 10.000.000 tergantung pada negara bagian di mana dealer tersebut berada.
2) Pungutan tujuan yang ditentukan oleh nilai sepeda, hampir seperti pajak.
3) Biaya pengiriman, biaya penyiapan, dan label suhu, yang merupakan biaya khusus negara bagian, dan banyak lagi.

Apakah lebih baik membeli sepeda motor bekas atau sepeda motor baru?
Hitungan Matematis soal Harga Jual Sepeda Motor Baru
"Margin kotor itu 100 persen dari harga pokok atau 50 persen dari harga jual. Barang apa pun yang dijual dengan harga dua kali lipat dari harga yang dibeli atau diproduksi dikatakan memiliki markup..."

Sebagai contoh:
Hendi membeli bahan untuk membuat kue seharga IDR 10.000. Untuk menemukan markup penjualan, Anda harus mengalikan biaya bahan-bahan (IDR 10.000) dengan nilai 1. Oleh karena itu, markup penjualan adalah IDR 10.000. Tambahkan jumlah ini ke biaya awal, dan anda mendapatkan harga jual IDR 20.000.

Hendi harus menghasilkan uang di suatu tempat, bukan? Itu bisa dimengerti (dan, sejujurnya, ini adalah perhitungan ekonomi dasar). Dan sementara sebagian besar dari kita hanya mengertakkan gigi dan mengatasinya, yang sebenarnya menyebalkan adalah seberapa besar harga sepeda baru terdepresiasi begitu keluar dari dealer dan berpindah ke tangan anda. Tidak usah dipungkiri sobat motor di kota surabaya tercinta! Ada alasan lain lagi sebaiknya beli motor bekas karena sebagian besar depresiasi sudah terjadi. Jadi, pada akhirnya, yang benar-benar anda keluarkan adalah biaya sebenarnya dari sepeda motor tersebut.

Sebaiknya Anda Membeli Sepeda Motor Bekas jika Tujuannya Ingin Dijual Lagi di Masa Mendatang

Depresiasi Instan - Seperti pembelian mobil baru, begitu Anda membeli sepeda motor baru dan berkendara menuju matahari terbenam, harga tersebut telah terdepresiasi rata-rata 15-30%. Sebaliknya, ketika anda membeli sepeda motor bekas, sepeda motor bekas yang berkualitas sudah langsung turun nilainya saat dibeli baru. Apakah jaraknya 1.000 KM atau 100.000 KM di atasnya, sepeda motor bekas memiliki nilai yang kokoh dan tidak mengalami depresiasi saat anda berkendara. Apakah depresiasi cepat gila seperti itu bahkan membuat markup sepadan?

Bagaimana Cara Menghitung Nilai Depresiasi Sepeda Motor Tahunan?

Berikut adalah cara yang relatif mudah untuk menghitung perkiraan penyusutan sepeda motor Anda dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Perlu diingat, bahwa perusahaan asuransi dan dealer sepeda motor dapat menghitung penyusutan sedikit berbeda, jadi angka-angka ini tidak boleh dianggap sebagai bukti kegagalan.

  1. Tentukan nilai sisa sepeda motor anda. Ini dilakukan dengan mengambil 15% dari nilai Nota Pembelian.
  2. Hitung umur sepeda motor, atau berapa lama bisa dianggap berguna. Umur tipikal adalah delapan tahun, jadi kurangi jumlah tahun sejak produksinya dengan 8. Contoh: Tahun 2017, sepeda motor buatan 2015 menjadi: 8-2 = 6
  3. Sekarang, masukkan nilai-nilai ini ke dalam rumus praktis-keren ini: Biaya sepeda motor - Nilai sisa / Perkiraan masa manfaat = Nilai penyusutan per tahun (Contoh: IDR 12.000.000 - IDR 1.800.000 / 6 = IDR 1.700.000 per tahun)

Item lain yang perlu dipertimbangkan adalah mod pribadi dan kustomisasi aftermarket cenderung lebih menurunkan nilai sepeda motor. Depresiasi juga dipengaruhi oleh jumlah kilometer yang dipakai, dan alasan seperti inilah nilai sepeda baru turun dengan cepat dari tahun ke tahun, menyebalkan memang! Eh, tapi ingat bagaimana sepeda motor "baru" menjadi "digunakan" dengan segera, dan pasar sepea motor bekas selalu menjadi sebuah lahan basah. Fakta di lapangan, khususnya di kota surabaya, harga dari sebuah sepeda motor bekas lebih didasarkan pada kondisi, sehingga pengeluaran akhirnya impas untuk sebuah sepeda motor bekas yang kana kita beli nantinya. 

Temukan Artikel Terbaik dari Hensindo Motor (Showroom Jual Beli Motor Bekas Sidoarjo) Lainnya Di Daftar Artikel Situs Hensindo Motor!
Hensindo Motor Sidoarjo merupakan showroom motor bekas terkemuka yang mengkhususkan diri dalam jual beli motor second jenis matic dari merek terkemuka seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. Kami di Hensindo Motormenawarkan layanan unggulan dengan fokus pada kualitas dan harga terbaik untuk pelanggan. 
www.hensindomotor.web.id

Dengan reputasi yang solid dan keahlian dalam industri, Hensindo Motor Sidoarjo telah menjadi tujuan utama bagi mereka yang mencari motor matic berkualitas dengan penawaran harga yang kompetitif hanya di Hensindo Motor Showroom Jual Beli Motor Bekas Sidoarjo.

Alamat Hensindo Motor


Kunjungi Alamat Showroom Hensindo Motor di Jl. Raya Tropodo No.41, Tropodo Wetan, Tropodo, Kec. Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61256 

Temukan Hensindo Motor di Google Maps Sebagai Berikut!


Hotline Hensindo Motor

Temukan Hensindo Motor (Showroom Jual Beli Motor Bekas di Official Kontak Berikut:


Hensindo Motor Social Media

Temukan Hensindo Motor (Showroom Jual Beli Motor Bekas di Platform Social Media Berikut:


Kami di Hensindo motor melayani Jual beli motor bekas dengan mode pembayaran Cash, Kredit, dan Tukar Tambah. Jika anda sedang atau berdomisili di Kota Sidoarjo dan Sekitarnya dan ingin Membeli Motor Bekas berkualitas dengan Harga paling kompetitif di Jawa Timur, serahkan semua pada Hensindo Motor!
Best Regards

@hensindomotor